Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Dalam Pot

Bunga matahari khususnya jenis velvet queen adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak ditanam oleh masyarakat. Alasannya karena jenis bunga yang satu ini, sangat cocok untuk mempercantik halaman rumah. Jika Anda tertarik tentang cara menanam bunga matahari velvet queen, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


Bunga matahari velvet queen merupakan salah satu varietas bunga matahari yang mempunyai bentuk sangat cantik dan memiliki kelopak berwarna merah darah. Biasanya bunga matahari jenis ini dapat tumbuh setinggi 1 m.

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen

Cara menanam bunga matahari velvet queen cukup mudah, meski Anda tidak punya pengalaman dalam bercocok tanam sekalipun Anda bisa dengan mudah menanam tanaman yang satu ini.

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Dalam Media Pot

Menanam bunga matahari dalam pot sangat cocok untuk seseorang yang mempunyai kesibukan cukup padat namun tetap ingin mempercantik rumah, karena cara ini sangat praktis dan mudah dilakukan di tengah-tengah kesibukan.

Selain itu, menanam bunga dalam pot memiliki keuntungan lainnya, yaitu tanaman yang ditanam dapat di pindah-pindah sesuka hati disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada. Namun, dalam memilih lokasi untuk meletakan pot sebaiknya memilih tempat yang strategis, yaitu tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup namun tidak berlebihan.

1. Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit bunga berkualitas, Anda bisa mendapatkannya dari para petani tanaman hias, biasanya mereka menjual bibit bunga matahari ini dalam bentuk bibit setinggi 15-20 cm.


Jika tidak ada, Anda bisa mencoba menyemai biji bunga matahari sendiri. Caranya, pilihlah beberapa biji bunga yang sudah tua, dengan ciri-ciri kelopak bunga sudah berwarna kecoklatan. Kemudian jemur biji tersebut hingga kering.

Setelah kering, taburkan biji tersebut pada media semai yang terbuat dari tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1, kemudian siram secara rutin setiap hari sampai tumbuh tunas. Biasanya biji akan mulai tumbuh pada usia persemaian kurang lebih 10-14 hari. Saat tunas sudah setinggi 20 cm maka siap untuk dipindahkan kemedia tanam sebenarnya.

2. Persiapan Alat dan Bahan

  • Pot berukuran sedang atau besar.
  • Media tanam berupa tanah dan pasir.
  • Pupuk kompos atau pupuk kandang.
  • Sekop.

3. Cara Menanam

  • Siapkan media tanam di dalam pot, yaitu berupa cempuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1.
  • Selanjutnya pindahkan bibit bunga matahari yang telah disemai kedalam media tanam dalam pot yang telah dipersiapkan, lalu tutup kembali dengan tanah tipis-tipis atau sebatas batang bibit tersebut.
  • Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, terutama saat musim kemarau. Karena bunga matahari membutuhkan pasokan air yang cukup banyak.
  • Simpanlah pot bunga tersebut di tempat yang memiliki pasokan sinar matahari langsung selama kurang lebih 6-7 jam/hari untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan sinar matahari.
  • Saat berusia 2 bulan, biasanya bunga matahari velvet queen mulai tumbuh kuncup bunga, dan akan mulai mekar selang beberapa hari setelah kuncup tumbuh.

Itulah cara menanam bunga matahari velvet queen, bagaimana cukup mudah bukan? Yap, bunga yang memiliki nama ilmiah helianthus annuus linn ini memang terkenal sangat mudah dalam proses penanaman dan perawatannya.

0 Response to "Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Dalam Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel