4 Langkah Mudah Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Penghobi tanaman hias pasti sudah tidak asing dengan bunga anggrek. Yap, bunga anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak di gemari karena memiliki bentuk dan warna yang sangat indah. Selain itu cara menanam anggrek dengan sabut kelapa sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapapun.


Bunga anggrek memiliki varietas yang sangat beragam, yang paling terkenal dan banyak di budidayakan adalah jenis anggrek bulan. Di Indonesia sendiri varietas anggrek bulan cukup banyak digemari karena memiliki warna yang cantik sehingga sangat cocok dijadikan sebagai hadiah spesial untuk seseorang.

Bunga anggrek adalah salah satu varietas tanaman hias, memiliki nama latin Orchidaceae. Selain itu bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang memiliki jenis paling banyak dan tersebar luas di kawasan tropika basah sampai wilayah Sirkumpolar. Jika Anda tertarik tentang cara menanam anggrek dengan sabut kelapa langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Anggrek merupakan salah tanaman yang dapat tumbuh dengan cara menumpang atau menempel pada pohon lain, namun anggrek bukan termasuk tanaman parasit karena tidak mengganggu pertumbuhan pohon inangnya. Anggrek dapat tumbuh mandiri meskipun hidup menumpang pada pohon lain. Oleh sebab itu, anggrek banyak di temui di dalam hutan dan tumbuh menempel pada pohon besar ataupun lereng pegunungan. Maka dari itu cara menanam anggrek dengan sabut kelapa merupakan media yang sangat pas untuk budidaya bunga anggrek.

Bunga anggrek memiliki bentuk dan ciri khas, namun pada umumnya bunga anggrek memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Bentuk fisik yang menyerupai serangga
  • Memiliki warna yang beragam dan cerah
  • Memiliki akar yang serba guna
Jika Anda tertarik menanam bunga anggrek dan ingin mencoba menanamnya, Anda bisa mencoba cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa sebagai berikut:

Langkah-langkah Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

1. Persiapan dan Pemilihan Sabut Kelapa

Untuk menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa, sebaiknya pilihlah sabut kelapa yang sudah tua. Kemudian rendam sabut kelapa tersebut kedalam larutan fungsida sebelum digunakan sebagai media tanam bibit bunga anggrek.


Potong sabut kelapa sesuai kebutuhan atau seukuran pot yang akan digunakan. Pastikan sabut kelapa dalam keadaan bersih karena beberapa bagian sabut kelapa mengandung zat yang bisa mempengaruhi proses pertumbunhan bunga anggrek.

Sabut kelapa dengan ukuran besar biasanya akan terlihat lebih menarik untuk dijadikan media tanam, namun pastikan juga sabut yang digunakan sesuai dengan kebutuhan tanman anggrek.

2. Perendaman Sabut Kelapa

Sebaiknya lakukan perendaman sabut kelapa sebanyak dua kali, yang pertama menggunaman air bersih biasa dan yang kedua menggunakan larutan fungsida.

Cuci sabut kelapa di air yang mengalir, kemudian rendam dengan air bersih sekitar 6 jam. Setelah direndam dengan air bersih, rendam kembali kedalam larutan fungsida kemudian angkat dan tiriskan. Perendaman menggunakan larutan fungsida bertujuan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada sabut kelapa yang dapat mengganggu pertumbuhan bunga anggrek.

Pukul-pukul sabut kelapa yang telah direndam menggunakan kayu atau palu. Hal ini bertujuan agar serat pada sabut kelapa bisa terbuka.

3. Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Sabut kelapa yang telah direndam tidak bisa langsung digunakan untuk menanam bunga anggrek. Karena sabut kelapa tersebut harus di keringkan lebih dulu namun usahakan masih cukup lembab jangan terlalu kering, setelah cukup kering baru bisa digunakan untuk dijadikan media tanaman.


Setelah sabut kelapa cukup kering lilitkan pada bibit bunga anggrek yang telah disiapkan. Anda bisa membeli bibit bunga anggrek di toko bunga atau kios tanaman hias terdekat.

Selanjutnya sabut kelapa yang telah dililitkan pada bibit bunga anggrek dimasukan kedalam pot. Letakan pot tersebut di tempat yang rindang hindari terkena sinar matahari secara langsung atau bisa juga diletakan dengan posisi digantung.

4. Perawatan Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Perawatan tanaman anggrek tidak terlalu sulit, cukup lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari terutama saat musim kemarau. Selain itu, disarankan untuk rutin mengganti sabut kelapa yang sudah lapuk atau terlalu basah dengan sabut yang baru agar pertumbuhan bunga anggrek bisa optimal.

Itulah cara menanam anggrek dengan sabut kelapa, bagaimana cukup mudah bukan? Selain untuk mempercantik halaman rumah menanam anggrek dapat dijadikan sebagai cara untuk menyalurkan hobi bercocok tanam. Selamat mencoba.

1 Response to "4 Langkah Mudah Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel