Cara Menanam Apel Dari Biji Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Apel - Buah apel merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, mungkin Anda salah satunya. Kebanyakan budidaya apel dikembangbiakan dengan cara okulasi, namun seiring berkembangnya teknologi pertanian sekarang sudah ada cara menanam apel melalui biji.
budidaya apel dari biji
Budidaya apel
Ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan dalam menanam apel dihalaman rumah, dan meski Anda tidak memiliki ilmu dasar tentang pertanian, namun dengan tips cara menanam apel dari biji ini akan memudahkan Anda dalam menanam apel.

Cara Menanam Apel Dari Biji Dengan Mudah

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kebanyakan petani apel menggunakan teknik penanaman dengan cara okulasi, cangkok, ataupun stek batang. Namun, saat ini telah muncul cara yang lebih praktis mengingat sulitnya mendapatkan bibit apel yang siap tanam, maka cara menanam apel dari biji dapat dijdikan solusi yang paling mudah untuk Anda lakukan saat ini.

Inilah 4 Tahapan Cara Menanam Apel Dari Biji

1. Mengatur Suhu Dingin
Proses pertama dalam cara menanam apel dari biji adalah proses penyemaian biji apel hingga tumbuh tunas. Pada tahap ini ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah media semai yang akan dipakai, Anda harus jeli dalam menciptakan media semai dan memanipulasi suhu ruangan. Karena pada dasarnya pohon apel dapat tumbuh dengan baik di lokasi yang bersuhu dingin seperti kebun apel yang ada diberbagai daerah seperti Batu, Kota Malang, Lembang, Bandung dan serta budidaya apel lainnya.

Kumpulkan biji dari dua varietas buah apel yang berbeda, hal ini karena pohon apel saat memasuki fase berbuah, pohon apel tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri jika pohon apel yang ditanam hanya dari satu varietas saja. Setelah biji dipisahkan dari daging buah, jemur biji tersebut hingga kulit luar biji tersebut tidak lembab.

Setelah biji mengering, masukan biji kedalam tissue atau kain. Kemudian masukan tissue yang akan dijadikan media semai kedalam wadah yang dapat ditutup rapat, misalnya stoples atau kotak makanan. Selain tissue dan kain, Anda bisa juga menggunakan tanah gambut sebagai media semai biji apel tersebut.
penyemaian biji apel
Persemaian biji
Selanjutnya masukan toples yang sudah tertutup rapat kedalam lemari pendingin atau kulkas. Inilah proses cara menanam apel dari biji yang biasa disebut degan after ripening yaitu memanipulasi kondisi biji apel sedemikian rupa seakan berada dilokasi yang bersuhu dingin. Perhatikan suhu lemari pendingin tetap berada pada suhu 40–42 farenheit. Setelah kurang lebih 8 minggu dalam lemari pendingin, biasanya biji apel akan mulai tumbuh tunas dan akar.

2. Pemidahan Tunas Kedalam Pot atau Polybag
Setelah tumbuh tunas dan mengeluarkan akar, proses selanjutnya dalam adalah memindahkan bibit tersebut kedalam media pot atau polybag. Isilah pot atau polybag dengan tanah gambu yang memiliki pH netral, kemudian tambahkan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1.

Kemudian buatlah lubang tanam untuk meletakan bibit yang telah memiliki tunas dan tumbuh akar tersebut. Pindahkan biji apel dengan hati-hati, agar tidak mengganggu atau merusak akar yang tumbuh peda biji apel. Lalu tutup kembali dengan tanah, kemudian siram dengan air secukupnya agar area disekitar biji tetap dalam kondisi lembab.

Tempatkan pot tersebut dalam area suhu kamar namun usahan tetap mendapat pasokan sinar matahari pagi. Anda bisa menyimpannya di dekat jendela rumah yang menghadap ke timur agar matahari pagi dapat langsung tertuju pada pot berisi biji apel tersebut. Lakukan penyiraman secara rutin sampai benih yang ditanam dalam pot tumbuh daun, umumnya tahap ini membutuhkan waktu sekitar 3 - 4 minggu.
pemindahan apel kedalm pot
Pemindahan benih

3. Pemindahan Ke Lahan Tanam Sebenarnya
Setelah bibit apel tumbuh daun sekitar 5 - 7 helai, maka bibit apel telah siap untuk dipindahkan kelahan tanam yang sebenarnya. Jika Anda berniat menanam apel dihalaman rumah, sebaiknya lakukan penggemburan tanah terlebih dahulu dengan cara mencangkulnya, kemudian tambahkan pupuk kompos agar ketersedian nutrisi dalam tanah tetap terjaga dengan baik.

Pindahkan bibit apel yang telah tumbuh tunas kedalam media tanam, sebaiknya pemindahan dilakukan pada pagi hari agar tanaman tidak mengalami stres karena terpapar sinar matahari siang. Lakukan penanaman dengan hati-hati, kemudian sebarkan mulsa sekitar tanaman agar menciptakan kelembaban disekitar area tanaman. Anda bisa memakai jerami, serbuk kayu gergaji, batang ilalang, ataupun batang gandum kering sebagai mulsa.

4. Perawatan Pohon Apel
Lakukan penyiraman rutin pada tanaman apel, terutama saat memasuki musim kemarau. Tanaman apel sangat senang dengan kondisi lingkungan yang lembab namun tidak terlalu basah. Cara menanam apel dari biji juga memerlukan pemupukan tambahan seperti budidaya apel lainnya. Anda bisa melakukan pemupukan susulan dengan pupuk NPK dengan takaran sekitar 1/4 kg per tanaman apel, lakukan pemupukan secara sutin setiap 4 bulan sekali.
perawatan tanaman apel
Perawatan tanaman
Umumnya tanaman apel yag ditanam dari biji dapat berbuah saat berusia 6 sampai 8 tahun. Memang tanaman dari biji biasanya membutuhkan masa panen yang lebih lama jika dibandingkan dengan menanam dengn cara cangkok atau okulasi. Namun, jika Anda hobi dalam bercocok tanam tidak ada salahnya mencoba menanam apel dari biji karena saat pohon apel berbuah Anda akan mendapat kepuasan tesendiri.

Itulah cara menanam apel dari biji, bagaimana cukup mudah bukan? Kunci utama agar mendapat hasil optimal dalam menanam apel adalah perawatan dan kesabaran. Selamat mencoba.

2 Responses to "Cara Menanam Apel Dari Biji Agar Cepat Berbuah"

  1. Saat ini sy sdh cb membibitkan aoel dari biji dan tumbuh. Ada sebantak 10 pohon dan sdh memiliki daun 6-10 lbr tp blm sy pindahkan ke Pot yg besar masih di dalam pot semai gelas plastik

    BalasHapus
  2. Kalau pohonnya satu aja mau nga juga berbuah nga ada teman apel lainya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel