Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen

Bunga matahari velvet queen memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik sehingga banyak menarik perhatian banyak orang. Selain itu cara menanam bunga matahari velvet queen ternyata sangat mudah. Bunga matahari tidak hanya cantik, karena bunga yang satu ini memiliki manfaat yang sangat mengagumkan, yaitu mampu menyembuhkan beberapa penyakit.


Selain memiliki bunga yang sangat cantik, akar bunga matahari ternyata mampu menyembuhkan infeksi saluran pernapasan, dan saluran kencing. Kelopak bunganya juga berkhasiat untuk meredakan sakit kepala, nyeri saat datang bulan, dan masih banyak lainnya. Jika anda tertarik tentang cara menanam bunga matahari velvet queen, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen

1. Pemilihan Benih

Seperti menanam tanaman lainnya, langkah pertama dalam cara menanam bunga matahari velvet queen adalah pemilihan benih unggul. Pemilihan benih berkualitas akan sangat menentukan tanaman bunga yang akan tumbuh nantinya. Belilah benih yang memiliki kualitas dan persentasi tumbuh tinggi.

2. Persiapan Media Tanam

Proses selanjutnya adalah persiapan media tanam untuk menanam bunga matahari. Media tanam yang dipakai adalah campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Persiapan media tanam sebaiknya dilakukan sebelum pembibitan bunga matahari. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang ada dalam kompos dapat terserap sempurna kedalam tanah, sehingga media tanam lebih subur dan kaya akan unsur hara.

3. Penyemaian Benih

Setelah benih dan media tanam telah siap, proses selanjutnya adalah proses penyemaian. Penyemaian ini dilakukan pada wadah berupa polybag atau bisa juga menggunakan baki semai. Media yang dipakai untuk proses penyemaian adalah campuran tanah, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Siram media semai dengan air secukupnya, kemudian tebarkan benih bunga matahari. Selanjutnya letakan di tempat yang mendapat pasokan sinar matahari secara langsung, namun tidak terkena siraman air hujan secara langsung.

Untuk menjaga kelembaban media semai, lakukan penyiraman rutin setiap pagi atau sore hari. Kondisi media semai yang lembab dapat membantu bibit bunga matahari lebih cepat tumbuh. Biasanya setelah berusia 30 hari setelah masa semai, bibit bunga matahari siap untuk dipindahkan ke media semai sebenarnya.

4. Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen

Setelah bibit siap tanam, Anda tinggal memindahkan bibit bunga matahari tersebut ke media tanam sebenarnya, baik di dalam pot, polybag, atau langsung di tanah. Pemindahan juga akan mempercepat proses pertumbuhan, karena bunga matahari akan tumbuh terpisah dari bibit-bibit lainnya.

Pindahkan benih bunga matahari dari baki semai, usahakan berhati-hati saat mencabutnya jangan sampai akarnya rusak atau tertinggal dalam baki semai. Jika media semai dalam keadaan kering, siram terlebih dahulu agar lebih lunak dan mempermudah proses pencabutan. Selanjunya tanam benih tersebut pada media tanam dengan kedalaman kira-kira 10 cm atau sampai akarnya terpendam semua dalam tanah.

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah bibit dipindahkan kedalam media tanam, maka bibit bunga matahari akan melakukan proses adaptasi dengan lingkungan barunya. Maka dari itu, perhatikan baik-baik proses ini. Bunga matahari termasuk tanaman yang membutuhkan pasokan air yang cukup banyak, jadi lakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore hari terutama saat musim kemarau. Selain itu, pasokan sinar matahari yang cukup juga dapat mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan bunga matahari.

Tambahkan juga pupuk tambahan untuk menjaga nutrisi dan unsur hara yang terkandung dalam media tanam. Pemberian pupuk tambahan dilakukan saat tanaman berusia 2 bulan, dan selajutnya diberikan secara rutin pada bulan berikutnya. 

Jika bunga matahari terserang hama atau penyakit yang cukup parah, segera berikan pestisida atau insektisida khusus untuk bunga matahari.

Demikianlah cara menanam bunga matahari velvet queen dari bijinya. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat, selamat mencoba.

1 Response to "Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel