Cara Menanam Pohon Sengon Agar Cepat Besar

Sengon atau Albizia chinensis adalah pohon homogen dari keluarga fabaceae. Sengon merupakan penghasil kayu alami terbesar di India, Indonesia serta negara-negara di Asia Tenggara dan Cina Selatan lainnya. Sengon dapat ditemui secara alami di hutan luruh daun campuran serta daerah ugahari, dengan curah hujan antara 1.000-5.000 mm/tahun. Pohon ini juga dapat dijumpai di hutan-hutan sekunder, di sepanjang pinggiran sungai, dan sabana dengan ketinggian sekitar 1.800 mdpl. Jika Anda tertarik dengan cara menanam pohon sengon agar cepat besar, simak penjelasannya berikut ini.


Sengon dapat menghasilkan kayu ringan hingga sedang, dengan densitas 320–640 kg/m³ pada kadar air 15%. Memiliki tekstur berserat lurus dan agak kasar, namun mudah untuk dibentuk, berwarna kuning mengkilap hingga coklat-merah-gading, Tingkat kekuatan dan keawetannya termasuk kedalam kelas kuat III–IV dan kelas awet III–IV.

Cara Menanam Pohon Sengon Agar Cepat Besar

Pohon sengon atau biasa disebut juga albasia memiliki beberapa varietas, diantaranya yang paling populer adalah Sengon Buto, Sengon Tekik, dan Sengon Laut. Untuk cara menanam pohon sengon agar cepat besar dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Persiapan Cara Menanam Pohon Sengon Agar Cepat Besar

1. Persiapan Bibit Sengon

Bibit sengon diperoleh dari biji sengon yang telah gugur dari pohonnya dan berbau tanah. Buka kulit buahnya, lalu pisahkan bijinya dan jemur di bawah sinar matahari selama 1 hari. Setelah dijemur, angkat dan simpan di tempat yang teduh.


Sebelum melakukan penyemaian biji sengon, hal pertama yang harus disiapkan adalah media semai. Media semai yang biasa dipakai antara lain polybag, polytube (rak semai), atau bisa juga berupa bedengan atau gundukan tanah. Isi media semai dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Untuk penyemaian pada bedengan taburkan pupuk kandang secara merata dan aduk-aduk menggunakan cangkul. 

Setelah media semai telah siap, lakukan langkah-langkah penyemaian sebagai berikut:
  • Rendam biji sengon yang telah di jemur kedalam air hangat selama 1 malam, kemudian angkat sampai biji tidak terlalu basah.
  • Masukan biji sengon pada media semai polybag atau polytube cukup 1-2 biji/polybag. Lalu tutup kembali dengan tanah tipi-tipis setebal 3-5 cm. 
  • Jika menggunakan bedengan sebagai media semai cukup tebarkan biji sengon secara merata, lalu tutup dengan tanah. 
  • Setelah bibit sengon mulai tumbuh sekitar 15 cm, pindahkan bibit sengon ke polybag yang lebih besar. Satu polybag hanya di tanam 1 pohon sengon, kemudian letakan di tempat yang lebih luas agar bibit sengon mempunyai ruang yang cukup untuk tumbuh.
  • Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, terutama saat musim kemarau.
  • Setelah mencapai ketinggian 40-50 cm, bibit sengon siap untuk dipindahkan kemedia tanam sebenarnya.

2. Persiapan Lahan Tanam

Buatlah lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman sekitar 40-50 cm dan jarak antar lubang tanam sekitar 3-4 meter. Kemudian masukan pupuk kandang kedalam lubang tanam hingga 1/2 bagian. Diamkan selama 2-4 hari sebelum masa tanam, agar nutrisi dalam pupuk dapat terserap sempurna.

3. Cara Menanam Pohon Sengon Agar Cepat Besar

Setelah bibit sengon sudah mencapai ketinggian 40-50 cm dan siap dipindahkan ke lubang tanam. Buka plastik polybag secara perlahan, lalu masukan bibit sengon kedalam lubang tanam. Kemudian tutup kembali lubang tanam dengan tanah, dan tekan-tekan agar bibit sengon tidak roboh. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim hujan, agar tidak repot dalam proses penyiraman.

4. Perawatan Pohon Sengon

Perawatan pohon sengon cukup mudah, cukup dengan melakukan penyiangan rumput diarea sekitar tanaman, serta melakukan penyulaman pada tanaman yang tidak tumbuh sempurna atau mati. Buat juga patok ajir untuk menjaga pohon sengon yang masih muda agar tidak patah saat tertiup angin kencang. Lakukan juga pemangkasan batang atau ranting yang terlalu banyak secara berkala, agar pohon sengon cepat tumbuh besar dan tumbuh tinggi.


Pohon sengon atau albasia umumnya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bahan bangunan, pertukangan, dan kertas. Harga jual pohon sengon cukup tinggi dan sangat kompetitif jika dijadikan sebagai bisnis. Pohon sengon berusia 5 tahun keatas biasanya memiliki kisaran harga 350-700 ribu tergantung dengan besar diameter dan tinggi batangnya.

Itulah beberapa langkah cara menanam pohon sengon agar cepat besar dan menghasilkan kayu dengan kualitas terbaik. Umumnya pohon sengon siap untuk di tebang atau panen saat berusia 5-7 tahun. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menanam Pohon Sengon Agar Cepat Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel