8 Panduan Lengkap Cara Menanam Kacang Hijau

Cara Menanam Kacang Hijau - Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Harganya yang relatif murah namun memiliki kandungan protein yang sangat tinggi membuat kacang-kacangan menjadi pilihan yang pas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat Indonesia.
cara menanam kacng hijau yang baik dan benar
cara menanam kacang hijau
Kacang hijau termasuk kedalam jenis kacang-kacangan tersebut. Cara menanam kacang hijau hampir sama dengan cara menanam kacang tanah, cara menanam kacang panjang, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Budidaya kacang hijau memiliki potensi yang cukup menjanjikan karena harganya yang cukup terjangkau namun memiliki kandungan protein yang tinggi membuat kacang hijau memiliki pangsa pasar yang sangat luas dari masyarakat kecil, menengah, hingga masyarakat kelas atas.

Tahapan Lengkap Cara Menanam Kacang Hijau

Sebelum membahas lebih detail tentang cara menanam kacang hijau, lebih baik kamu mengetahui lebih jauh tentang habitat hidup tanaman yang biasa dijadikan olahan bubur ini, serta sifat pertumbuhannya, agar kamu lebih paham dan mengerti tentang proses menanam kacang hijau yang baik dan benar.

Syarat Tumbuh Kacang Hijau
1. Habitat alami tanaman kacang hijau bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Namun lokasi terbaik untuk budidaya kacang hijau adalah lahan dengan ketinggian sekitar 500 mdpl, dengan suhu dan kelembaban khas dataran rendah Indonesia.

2. Kemudian pH tanah yang ideal untuk menanam kacang hijau adalah tanah yang memiliki pH netral yaitu, berkisar antara 5-6. Namun jika kondisi lahan yang akan digunakan untuk budidaya kacang hijau ternyata memiliki pH kurang dari 5 atau terlalu asam, maka sebaiknya lakukan proses pengapuran, dengan cara menaburkan kapur dolomit di area lahan dengan dosis sekitar 1 ton/ha lahan. Lakukan proses pengapuran 1 bulan sebelum proses penanaman.

3. Kacang hijau bisa tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang gembur, kaya akan unsur hara, serta memiliki sistem drainase atau pembuangan air yang tertata baik. Kamu bisa memanfaatkan lahan sawah bekas menanam padi, yang digilir dengan penanaman kacang hijau.

Setelah mendapat lokasi yang tepat untuk, proses selanjutnya dalam cara menanam kacang hijau diawali dengan langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah Cara Menanam Kacang Hijau:

1. Persiapan Lahan
Tahap pertama adalah pengolahan tanah, caranya sebagai berikut: 
  • Gemburkan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul, kemudian tambahkan pupuk kandang untuk meningkatkan kandungan nutrisi tanah yang dibutuhkan tanaman. Diamkan selama kurang lebih 1 minggu agar pupuk bisa tercampur sempurna dengan tanah.
  • Buatlah bedengan dengan lebar sekitar 100 cm, tinggi 50 cm dan panjang disesuaikan dengan kondisi lahan. Berikan jarak antar bedengan sekitar 80cm untuk saluran drainase atau aliran air hujan.
  • Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan jarak setiap lubang sekitar 25 cm x 25 cm, atau 20 cm x 20 cm menyesuaikan kondisi lahan.
  • Buatlah lugang tanam dengan menggunakan tugal yang mempunyai mata 3. Hal ini bertujuan untuk menanam kacang hijau di 1 lubang, dan 2 lubang lainnya untuk memasukan pupuk.
  • Untuk lubang tanam yang digunakan untuk memasukan benih cukup dengan kedalaman sekitar 4 cm, sedangkan untu lubang pupuk, kedalamannya sekitar 8 cm sampai 10 cm.

2. Persemaian Benih
lakukan proses persemaian kacang hijau sebelum ditanam
proses persemaian
Proses selanjutnya adalah proses persemaian benih, terutama untuk lahan tanam yang sebelumnya belum pernah ditanami kacang hijau.

Persemaian benih pada kacang hijau, biasa disebut juga inokulasi bakteri. Caranya cukup membasahi kacang hijau dengan air, lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan, selama kurang lebih 4 jam sampai tumbuh kecambah pada benih.

3. Cara Menanam Kacang Hijau

Setelah benih berkecambah, segera lakukan penanaman pada lubang tanam yang telah dipersiapkan. Setiap lubang tanam diisi 2 benih kacang hijau yang telah berkecambah.
penanaman kacang hijau setelah persemaian
proses penanaman
Jangan lupa masukan juga pupuk pada 2 lubang lainnya, lalu ketiga lubang tersebut di tutup dengan tanah tipis, sampai rata denga kondisi tanah lainnya di atas bedengan. Cara pelubangan ini, bertujuan untuk memudahkan proses pemupukan susulan.

4. Penyiraman
Proses berikut adalah pengairan atau penyiraman benih, yang baru ditanam. Untuk kondisi tanah lembab, serta memiliki pasokan air tanah, maka penyiraman cukup dilakukan satu kali sehari saja.

Namun jika lahan tempat menanam kacang hijau tersebut bertekstur gersang atau kering, maka sebaiknya lakukan penyiraman rutin sebanyak 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

5. Penyulaman
Setelah tanaman menginjak usia 15 hari sejak benih ditanam lakukan penyulaman tanaman. Segera lakukan penggantian pada tanaman yang mati atau tidak tumbuh sempurna dengan benih baru, agar tanaman kacang hijau bisa tumbuh merata.

6. Penyiangan
Lakukan juga pembersihan rumput liar atau gulma yang tumbuh mengganggu disekitar tanaman kacang hijau. Proses penyiangan dapat dilakukan ketika usia tanam berumur sekitar 15 hari atau tergantung kondisi lahan yang mulai ditumbuhi rumput liar.

7. Pemupukan
Tahap selanjutnya dalam cara menanam kacang hijau adalah proses pemupukan susulan. Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisi tanah yang dibutuhkan tanaman tetap terjaga.
pemupukan kacang hijau
perawatan dan pemupukan tanaman
Proses pemupukan dilakukan dengan 2 tahap yaitu, saat pertama menanam benih kacang hijau, serta tahap kedua pada saat usia tanam menginjak 1 bulan atau pada tanaman mulai berbunga. Untuk takaran pupuk yang diberikan yaitu, Urea 50 kg/ha lahan, TSP 100 kg/ ha lahan, serta KCL 50 kg/ha lahan.

Caranya, masukan pupuk kedalam lubang pupuk yang telah dibuat, lalu tutup kembali dengan tanah. Berikan jarak antara lubang pupuk dengan lubang benih, agar pupuk tidak mengenai benih, karena bisa mengganggu proses pertumbuhannya.

8. Proses Panen
Biasanya tanaman kacang hijau sudah siap panen saat berusia tanam 60 sampai 80 hari. Kacang hijau yang siap panen memiliki ciri-ciri, polong yang mudah pecah dan mulai mengering.
masa panen kacang hijau
proses panen
Panen bisa dilakukan bertahap setiap harinya tergantung kondisi, setelah polong dipetik lalu jemur sampai menguning, kamudian masukan kedalam karung dan pukul-pukul agar biji kacang hijau terlepas dari polong.

Itulah cara menanam kacang hijau, bagaimana cukup mudah bukan? Pilihlah kondisi lahan yang cocok, serta lakukan perawatan yang tepat agar mendapat hasil panen yang melimpah. Selamat mencoba!

0 Response to "8 Panduan Lengkap Cara Menanam Kacang Hijau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel