6 Panduan Praktis Cara Menanam Lemon di Halaman Rumah

Cara Menanam Lemon - Lemon merupakan salah satu buah yang terkenal kaya akan kandungan vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain berguna untuk kesehatan dari dalam, lemon juga sangat baik digunakan sebagai bahan alami untuk kecantikan serta pembersih noda membandel didapur. Jadi lemon merupakan tanaman yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.
cara menanam lemon yang baik dan benar
cara menanam lemon
Menanam lemon di halaman rumah banyak memiliki keuntungan, salah satunya lemon bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya. Selain untuk dikonsumsi sendiri hasil bubidaya lemon bisa untuk menambah penghasilan.

Cara Menanam Lemon di Halaman Rumah

Selain itu, tanaman lemon memiliki bentuk fisik yang cantik dan bisa menambah estetika dihalaman rumahmu. Saat tanaman lemon berbunga, maka akan muncul bunga berwarna putih dan daun yang tampak bersinar saat terkena sinar matahari. Ketika tanaman lemon mulai berbuahpun tidak kalah cantik, buah lemon yang ranum akan memberi kesan segar ketika dilihat. Kerennya lagi, tanaman lemon bisa juga diletakan didalam ruangan.
tanaman lemon bisa juga sebagai tanaman hias
tanaman lemon dengan segudang manfaat
Lantas, bagaimana cara menanam lemon yang baik dan benar? Menanam lemon tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut, dan semoga halaman rumahmu semakin indah dengan adanya tanaman lemon tersebut:

Langkah-langkah Cara Menanam Lemon

1. Pemilihan Media Tanam
Pilihlah pot untuk media persemaian dengan ukuran sedang, dengan kedalaman sekitar 15-18 cm dan diameter sekitar 8-13 cm untuk menanam bibit lemon.

Setelah bibit lemon tumbuh dan cukup kuat, selanjutnya pindahkan bibit lemon kedalam media tanam pot yang lebih besar dengan diameter sekitar 38-46 cm.

2. Pemilihan Benih Lemon
Pilihlah benih lemon dengan kualitas unggul, kamu bisa mendapapakan bibit lemon kualitas dikios pertanian terdekat atau bisa juga menggunakan bibit lemon langsung dari buah lemon untuk konsumsi.
pilihlah benih lemon yang bebas hama penyakit
pemilihan benih lemon
Caranya, belilah buah lemon organik, lalu potong dan keluarkan bijinya. Pilihlah biji yang berukuran besar dan penuh untuk dijadikan benih terbaik. Jangan biarkan benih lemon mengering, jadi segera taburkan benih lemon kedalam media tanam.

3. Cara Menanam Lemon

Campurkan tanah dan pupuk kompos sampai tercampur sempurna, kemudian masukan campuran tersebut kedalam pot. Buatlah lubang tanam dengan kedalam sekitar 1 cm, lalu masukan benih lemon tersebut kedalam lubang tanam. Tutup kembali dengan tanah lalu siram secara perlahan. Tutup bagian atas pot menggunakan plastik bening untuk menjaga kelembaban benih, tambahkan juga beberapa lubang agar benih tetap bisa bernafas dengan baik.
tahapan awal cara menanam lemon
proses penanaman lemon

4. Perawatan dan Penyiraman
Letakan tanaman lemon ditempat yang memiliki pencahaya yang cukup, terutama ketika benih baru. Benih baru idealnya memerlukan sinar matahari sekitar 10 sampai 14 jam per harinya. Pastikan juga, ketersediaan air dalam pot sehingga media tanam dalam pot tetap dalam keadaan lembab.
lakukan perawatan rutin pada tanaman lemon
proses perawatan tanaman lemon
Saat biji lemon mulai berkecambah, usahakan kondisi media tanam tetap hangat dan lembab. Caranya, bukalah plastik penutup pot kemudian letakan pot ditempat yang hangat. Pastikan tanah didalam pot tidak kering, periksa secara rutin jangan sampai terlalu panas atau terlalau lembab sehingga benih tidak busuk.

5. Pemberian Pupuk
Masukan pupuk kandang atau pupuk kompos secukupnya kedalam media tanam. Tujuannya, untuk menjaga ketersediaan nutrisi dan unsur hara yang terkandung dalam media tanam yang sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tanaman lemon. Setidaknya lakukan pemupukan minimal 2 kali dalam setahun. Namun, jangan terlalu sering juga.

6. Proses Panen
Biasanya tanaman lemon membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 tahun untuk berbuah. Rawatlah tanaman lemon agar terbebas dari hama penyakit. Usahakan memetik lemon yang sudah benar-benar matang, karena buah lemon akan berhenti melakukan pematangan setelah di petik.
lakukan perawatan rutin agar panen lemon bisa berlangsung lama
proses panen lemon
Demikianlah cara menanam lemon di halaman rumah, bagaimana cukup mudah bukan? Buah lemon yang masih segar sangat baik untuk kesehatan selain itu menanam lemon di halam rumah dapat dilakukan untuk menyalurkan hobi bercocok tanam. Selamat mencoba!

0 Response to "6 Panduan Praktis Cara Menanam Lemon di Halaman Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel