Cara Menanam Pepaya California Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Pepaya California - Pepaya merupakan salah satuh tanaman buah yang bisa tumbuh di berbagai tempat di belahan dunia. Karena tanaman yang satu ini memang dapat tumbuh baik diberbagai tempat, baik dataran rendah maupaun dataran tinggi, iklim tropis maupun sub tropis, serta lahan kering ataupun basah pepaya bisa tumbuh dengan baik.
tanaman pepaya california siap panen
cara menanam pepaya california
Salah satu pepaya yang cukup populer dan banyak di budidayakan petani di indonesia adalah pepaya dari varietas pepaya california. Cara menanam pepaya california tidak jauh berbeda dengan menanam pepaya jenis lainnya.

4 Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California

Keunggulan pepaya varietas ini adalah jumlah panen yang dihasilkan selalu banyak, serta lebih tahan terhadap serangan hama penyakit. Hal ini yang membuat petani lebih memilih budidaya pepaya california dari pada varietas pepaya lainnya. Jika ingin mencoba budidaya pepaya california, berikut pembahasan umum tentang tanaman buah yang terkenal kaya akan vitamin c ini.

Pepaya diperkirakan berasal dari dataran Amerika Latin seperti Meksiko dan Costa Rica, sedangkan jenis pepaya california awalnya banyak dibudidayakan di wilayah negara bagian Amerika Serikat, yang mempunyai iklim tropis yaitu tepatnya di wilayah bernama California. Itulah alasan varietas ini dinamai dengan jenis pepaya california.

Pengetahuan Dasar Cara Menanam Pepaya California

Cara menanam pepaya california bisa berjalan optimal jika tepat dalam pemilihan lokasi lahan tanam, pilihlah lokasi dengan kondisi hembusan anginnya tidak terlalu kencang, hal ini bertujuan agar proses penyerbukan bisa berjalan lancar. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan dalam menanam pepaya california adalah curah hujan di lokasi penanaman. Pilihlah lokasi yang mempunyai curah hujan sedang berkisar antara 1.000 sampai 2.000 mm/th.

Sedangkan suhu yang cocok untuk budidaya pepaya california berkisar antar 22 hingga 27 derajat celcius, dan memiliki presentase kelembaban tanah sekitar 40%. Lahan tanam idealnya memiliki kandungan asam netral, yaitu berkisar antara pH 6 sampai 7. Jika tanah terlalu asam atau pH kurang dari 5, sebaiknya lakukan pengapuran menggunakan dolomit agar pH tanah menjadi netral.
Baca juga: 8 Tips Penting Cara Menanam Pepaya Agar Hasil Melimpah
Selain itu, cara menanam pepaya california juga sebaiknya memilih lahan tanam yang bertekstur gembur serta memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. Karena tanah tersebut bayak mengandung nutrisi serta berbagai macam unsur hara yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan pepaya.

Pasokan air juga harus diperhatikan, jangan sampai tanaman pepaya kekurangan air sehingga tanaman pepaya menjadi layu kemudian mati. Namun perhatikan juga jangan sampai pasokan air yang diberikan terlalu berlebihan dan menggenangi tanman. Karena genangan air bisa memicu tumbuhnya jamur yang mengganggu pertumbuhan tanman pepaya.

Cara menanam pepaya california tidak terlalu sulit, jadi kamu bisa mencobanya sendiri dirumah. Dengan memanfaatkan halaman belakang atau halaman depan rumah, kamu sudah bisa menanam pepaya california.

Cara Menanam Pepaya California Yang Baik dan Benar

1. Pembibitan
Proses pertama dalam cara menanam pepaya california adalah pemilihan bibit unggul. Pilihlah bibit yang sudah terbukti kualitas pertumbuah serta hasil panennya melimpah. Atau bisa juga melakukan pembibitan sendiri langsung dari biji buah pepaya california, namun cara ini sebaiknya diawali dengan proses persemaian bibit dahulu baru kemudian benih ditanam di lahan tanam sebenarnya.
Pemilhan bibit sangat memperngaruhi hasil dalam cara menanam pepaya california
proses pemilihan bibit pepaya california
Jika kamu ingin mencoba menanam pepaya di halaman rumah, sebaiknya pilihlah bibit pepaya yang siap tanam. Biasanya bibit pepaya banyak dijual di kios pertanian terdekat, atau bisa juga mencarinya langsung dari petani pepaya california disekitar rumahmu. Hal ini jauh lebih menguntungkan, karena bibit pepaya tersebut sudah terbukti kualitasnya, serta tidak perlu repot melakukan proses persemaian.

2. Media Tanam
Setelah mendapat bibit pepaya siap tanam, tahap selanjutnya adalah proses pengolahan tanah yang akan dijadikan lahan tanam pepaya california tersebut. Sebaiknya lahan tanam dibajak atau di cangkul terlebih dahulu, agar tanah menjadi gembur, kemudian lakukan pemberian pupuk kandang secukupnya lalu diamkan tanah tersebut selama kurang lebih 1 minggu agar racun yang terkandung dalam tanah mati.
penanaman bibit pepaya dalam proses budidaya pepaya calfornia
proses penanaman pepaya california
Jika lahan tanam sudah didiamkan selama 1 minggu, masukan bibit pepaya california kedalam lubang tanam, lalu tutup dengan tanah yang sebelumnya sudah dicampur dengan pupuk kandang serta abu sekam dengan takaran 1 : 1 : 1.

3. Pemeliharaan
Meski hanya menanam pepaya dalam jumlah kecil dan hanya ditanam dihalaman rumah, namun proses pemeliharaan tanaman harus tetap dilakukan, agar proses pertumbuhan serta buah pepaya yang dihasilkan bisa sesuai harapan.
proses pemeliharaan pepaya california
perawatan tanaman pepaya california
Jenis pemeliharaan yang bisa dilakukan antara lain penyiangan, pengairan atau penyiraman, serta pemupukan tambahan. 
  • Penyiangan merupakan proses pembersihan area sekitar lahan dari gulma serta rumput liar yang yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman pepaya.
  • Lakukan penyiraman rutin pada pagi hari sebelum matahari terik, namun usahakan menyiram dengan debit air secukupnya, karena air yang menggenang di area sekitar tanaman justru bisa memicu munculnya jamur yang dapat mengganggu pertumbuhan serta perkembangan tanaman pepaya.
  • Pemberian pupuk susulan juga penting, hal ini untuk menjaga kesuburan serta kandungan nutrisi tanah di area sekitar tanaman pepaya california. Pemupukan dapat dilakukan saat tanaman pepaya berumur 6 bulan, kemudian lakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali. Pemupukan dapat dilakukan dengan memakai pupuk kandang yang telah matang atau difermentasi sebelumnya.

4. Proses Panen
Idealnya saat berumur 9 hingga 10 bulan, tanaman pepaya california telah siap dipanen, hal ini ditandai dengan buah pepaya california yang mulai menguning. Setelah panen pertama biasanya tanaman pepaya akan terus berbuah hingga memasuki usia tidak produktif. 
masa panen pepaya california sekitar umur 9 bulan setelah masa tanam
pepaya california siap panen
Setah tanaman pepaya berumur 5 sampai 6 tahun biasanya tanaman pepaya mulai tidak produktif, namun banyak juga faktor lain yang meyebabkan tanaman pepaya mudah tidak produktif seperti perawatan serta faktor lainnya.

Tahapan Singkat Cara Budidaya Pepaya California

Itulah cara menanam pepaya california, bagaimana cukup mudah bukan? Dengan menanam pepaya sendiri kamu akan mendapat berbagai manfaat lain seperti daunnya untuk di jadikan lalapan serta menyalurkan hobi bercocok tanam. Selain itu buah yang didapat juga akan terasa lebih nikmat dan segar karena dapat dinikmati setelah dipetik langsung dari pohonnya. Selamat mencoba

0 Response to "Cara Menanam Pepaya California Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel