5 Teknik Dasar Cara Menanam Cabe Merah Hingga Siap Panen

Cara Menanam Cabe Merah - Bagaimana jadinya jika olahan khas Indonesia tidak dibumbui cabe merah? Pasti rasanya sedikit hambar serta warna tampilannya kurang menggugah selera. Melihat hal tersebut, sudah bisa disimpulkan kalau budidaya cabe merah cukup menggiurkan melihat potensi pasar yang sangat luas.
Source: Instagram.com
Cara menanam cabe merah membutuhkan beberapa teknik khusus agar tanaman cabe yang kamu tanam bisa tumbuh subur dan mendapat hasil panen yang melimpah. Beberapa hal yang harus selalu diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam cara menanam cabe merah antara lain:
  • Lokasi lahan untuk menanam cabe merah yaitu lahan yang mempunyai suhu antara 25 sampai 28 derajat celcius, terpapar sinar matahari 10 jam perhari, pH tanah 6 sampai 7, serta memiliki kontur tanah lempung berpasir dengan kelembaban 80%.
  • Cara menanam cabe merah sangat dipengaruhi oleh ketepatan dalam masa tanam, sebaiknya jangan menanam cabe merah saat harga pasar sedang rendah untuk menghindari kerugian.
  • Pemeliharaan yang tepat menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam budidaya tanaman cabe merah.
Cabe merah sebenarnya termasuk tanaman yang cukup mudah di budidayakan. Namun, kamu harus menguasai teknik yang tepat dalam cara menanam cabe merah, karena saat menanam cabe merah ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.

Bagi kamu yang tertark ingin mencoba budidaya cabe merah, berikut langkah dasar dalam cara menanam cabe merah yang baik dan benar:

Teknik Dasar Cara Menanam Cabe Merah

1. Persiapan lahan tanam
Proses pertama dalam cara menanam cabe merah adalah menyiapkan tanah untuk media tanam cabe merah. Berikut adalah proses dalam mempersiapkan lahan untuk menanam cabe merah.
Source: Instagram.com
  • Lakukan penggemburan tanah dengan cara dicangkul ataupun di bajak, lalu taburkan pupuk kandang dengan takaran 1 ton/hektar.
  • Biarkan lahan yang telah digemburkan selama kurang lebih satu minggu agar pupuk terserap dengan sempurna oleh tanah.
  • Jika pH tanah kurang dari 5 atau terlalu asam lakukan pengapuran dolomit dengan takaran 500 kg/hektar kemudian diamkan kembali selama satu minggu setelah pengapuran.
  • Persiapan cara menanam cabe merah berikutnya adalah membuat bedengan. Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 120 cm, tinggi 50 cm serta panjang menyesuaikan kondisi lahan.
  • Berikan jarak antar bedengan sekitar 80 cm sampai 100 cm yang berfungsi sebagai saluran drainase.
  • Kemudian tutup dengan menggunakan mulsa plastik lalu lubangi, jarak lubang tanam sekitar 50 cm x 60 cm dengan sistem zig zag.
  • Biarkan bedengan yang telah ditutup dengan plastik selama 1 minggu sebelum memulai cara menanam cabe merah.

Persiapan dalam cara menanam cabe merah

2. Penyemaian dan pemilihan benih cabe merah
Langkah berikutnya dalam cara menanam cabe merah setelah media tanam selesai dibuat adalah proses penyemaian benih. Namun sebelum melakukan penyemaian, kamu harus mencari bibit cabe merah yang mempunyai kualitas unggul, kamu bisa mencarinya di kios pertanian terdekat.
Source: Instagram.com
Cara penyemaian benih cabe merah:
  • Langkah pertama rendamlah biji cabe merah didalam air hangat, jika perlu tambahkan obat perangsang perkecambahan (banyak dijual di kios pertanian) lalu diamkan semalaman.
  • Pilih lahan untuk penyemaian bibit cabe merah, lokasi tebaik untuk peneyemaian bibit cabe merah adalah lahan yang menghadap ke timur serta di naungi plastik atau atap yang terbuat dari jerami.
  • Siapkan media tanam dalam polybag yang berisi campuran tanah dan pupuk kandang dengan takaran 3:1.
  • Masukan biji cabe merah kedalam polybag, lalu tutup kembali dengan tanah tipis sekitar 1 cm.
  • Lakukan penyiraman rutin pada pagi dan sore hari, selama kurang lebih satu bulan sejak biji cabe merah dimasukan kedalam polybag. Proses penyiraman dalam cara menanam cabe merah harus rutin dilakukan, agar pertumbuhan tanaman bisa optimal.

3. Cara menanam cabe merah

Masuk kedalam pembahasan utama tentang cara menanam cabe merah, yaitu pemindahan benih hasil penyemaian kedalam lubang tanam yang telah dibuat diatas bedengan.

Biasanya bibit cabe merah yang telah disemai selama sebuluan, akan tumbuh tunas dan daun sekitar 4 sampai 6 helai pertanaman cabe merah. Cara menanam cabe merah idealnya dilakukan saat pagi hari, ataupun sore hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari terik matahari.

Proses selanjutnya dalam cara menanam cabe merah adalah melepas benih cabe merah dari polybag, lalu pindahkan kelubang tanam dalam bedengan, setelah itu tutup menggunakan tanah sampai ujung pangkal batang tanaman cabe merah. Beri sedikit tekanan agar tanaman cabe merah bisa berdiri dengan tegak.
Source: Instagram.com
Selain pada lahan perkebunan atau persawahan, cara menanam cabe merah bisa dilakukan pada media pot. Namun kebutuhan tanaman cabe merah dalam pot berbeda dengan dilahan.

Kunci sukses cara menanam cabe merah dalam pot adalah media pot yang digunakan harus memiliki ukuran yang cukup besar. Dan yang paling penting adalah, ketersediaan unsur hara dalam media tanam harus terpenuhi dengan baik. Untuk lebih jelas tentang cara menanam cabe dalam pot bisa dilihat di sini: Cara Menanam Cabe Dalam Pot

4. Perawatan tanaman cabe merah
Cara menanam cabe merah selanjutnya adalah melakukan perawatan dan pemeliharaan tanaman. Lakukan penyiraman rutin setidaknya sehari 2 kali setiap pagi dan sore hari terutama saat musim hujan.
Source: Instagram.com
Berikan pemupukan tambahan dengan takaran Urea 250gr, SP36 250gr, dan KCL 250gr yang diberikan setiap seminggu sekali dengan cara mengucurkan cairan pupuk kedalam lubang tanaman cabe merah.

5. Proses panen
Proses terakhir dalam cara menanam cabe merah adalah masa panen. Biasanya tanaman cabe sudah bisa dipanen saat usia tanam menginjak 60 hingga 70 hari sejak benih ditanam dalam bedengan. Lakukan pemanenan secara rutin setiap 3 hari sekali sampai buah cabe merah habis.
Source: Instagram.com
Sebaiknya lakukan pemanenan pada pagi hari dengan cara memetik langsung dari tangkainya. Usahakan jangan memanen cabe merah dalam keadaan terlalu tua untuk menhindarai pembusukan saat proses penyimpanan sebelum dijual.

Demikianlah cara menanam cabe merah, bagaimana cukup mudah bukan? Selamat mencoba!

0 Response to "5 Teknik Dasar Cara Menanam Cabe Merah Hingga Siap Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel