Cara Menanam Merica atau Lada di Halaman Rumah

Cara Menanam Merica - Merica atau biasa disebut juga lada merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang berbentuk biji yang dihasilkan dari tanaman dengan nama yang sama. Merica biasa digunakan sebagai bumbu masak dan memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh yang sudah terkenal sejak zaman dahulu.


Cara menanam merica cukup mudah, selain itu merica dapat tumbuh hampir diseluruh wilayah Indonesia, karena merica memang sangat cocok ditanam di daerah beriklim tropis. Budidaya merica sangat menguntungkan karena tanaman yang memiliki bau khas ini memiliki harga jual yang cukup tinggi bahkan menjadi salah satu komoditi ekspor Indonesia.

Cara Menanam Merica atau Lada di Halaman Rumah

Merica atau lada yang dibudidayakan petani Indonesia terkenal sebagai komoditi yang memiliki kualitas terbaik. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik ingin mencoba budidaya merica, potensi pasarnya memiliki jangkaun yang luas mulai dari pasar lokal maupun manca negara. Langsung saja inilah cara menanam merica di halaman rumah:


Syarat Tumbuh Merica

  • Cara menanam merica yang baik dilakukan didaerah yang memiliki curah hujan antara 2.500-3000 mm/tahun.
  • Area tanam sebaiknya mendapat sinar matahari kurang lebih 10 jam/hari dengan suhu udara berkisar antara 20-34 derajat celcius.
  • Kondisi tanah subur dengan pH berkisar antara 5-7, dan berada di ketinggian antara 300-1.500 mdpl merupakan lokasi yang sangat cocok untuk cara menanam merica.
  • Jenis tanah yang baik untuk menanam merica antara lain tanah jenis lateritic, utisol, podsolik, dan latosol.

Pembibitan Merica

Proses awal dalam cara menanam merica adalah pemilihan bibit unggul agar tanaman merica dapat tumbuh dengan baik dan mendapat hasil panen optimal. Ciri-ciri bibit merica unggul antara lain sebagai berikut:
  1. Bibit merica terlihat segar dan terbebas dari hama penyakit.
  2. Bibit diperoleh dari indukan yang sehat.
  3. Tingkat kemurniannya masih terjamin.

Pengolahan Lahan Tanam

  1. Gemburkan tanah dengan cara dicangkul sedalam 30 cm.
  2. Pada tanah yang memiliki pH kurang dari 5, tambahkan kapur dolomit secukupnya lalu diamkan sekitar 4 minggu sebelum masa tanam.
  3. Tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah di fermentasi untuk menambah nutrisi dan kesuburan tanah. Kemudian diamkan kembali sekitar 2 minggu agar nurisi dari pupuk tercampur sempurna didalam tanah.

Cara Menanam Merica

  • Cara menanam merica dapat dilakukan dengan sistem tumpang sari maupun tanam tunggal dengan jarak antar tanaman sekitar 2 x 2 meter.
  • Buatlah lubang tanam dengan bentuk limas dengan kedalaman sekitar 50 cm, ukuran atas 40 x 35 cm, dan ukuran bawah 40 x 15 cm.
  • Diamkan lubang tanam sekitar 2 minggu sebelum masa tanam.
  • Waktu terbaik untuk menanam merica adalah awal musim hujan, serta ditanam pada pagi atau sore hari untuk menghindari bibit baru cepat layu karena terik matahari.
  • Setelah bibit merica ditanam, tambahkan pupuk kompos dengan takaran 100 gram/ tanaman, lalu siram dengan air secukupnya untuk menjaga kelembaban tanah.

Perawatan Tanaman Merica


1. Pembuatan Sulur
Buatlah atap diatas tanaman merica dari bambu atau kayu, lalu ikatkan tali dari atap dan julurkan sampai bawah hingga mengenai tanaman merica. Fungsi utama julur adalah sebagai media untuk merambat tanaman.

2. Penyiangan Tanaman
Lakukan penyiangan rutin setiap 3 bulan sekali atau saat rumput liar atau gulma mulai tumbuh. Agar tanaman merica tidak terganggu pertumbuhannya.

3. Perempelan Tanaman
Lakukan pemangkasan ranting, batang, ataupun dahan tanaman yang layu atau terindikasi terserang hama penyakit untuk meremajakan tanaman merica.

4. Pembarian Pupuk Susulan
Sama seperti tanaman lainnya, cara menanam merica juga memerlukan pupuk tambahan untuk menjaga kandungan nutrisi dan unsur hara dalam tanah. Lakukan pemupukan rutin setiap 6 bulan sekali dengan pupuk kompos atau pupuk kandang.

5. Penyiraman Tanaman
Untuk menjaga kelembaban tanah, lakukan penyiraman rutin sehari sekali. Saat musim hujan, buatlah saluaran drainase agar lahan budidaya merica tidak tergenang air.


Proses Panen Merica

Setelah semua proses cara menanam merica telah selesai, idealnya tanaman merica sudah bisa dipanen saat berusia 3 tahun. Merica yang siap panen memiliki ciri-ciri kulit buahnya berwarna kuning kemerahan.


Cara memanennya dengan mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan dengan menggunakan tangan. Dengan melakukan perawatan rutin tanaman merica umumnya dapat tumbuh dan terus produktif sampai berusia lebih dari 8 hingga 15 tahun, tergantung varietas bibit merica yang Anda tanam.

Itulah cara menanam merica dihalaman rumah, bagaimana cukup mudah bukan? Selain untuk konsumsi pribadi, merica bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan, mengingat harga jual merica yang cukup mahal. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menanam Merica atau Lada di Halaman Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel