8 Tahap Cara Menanam Jagung Manis yang Benar

Menanam jagung manis tidak terlalu sulit, serta bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain untuk menyalurkan hobi, budidaya jagung manis bisa juga sebagai pemasukan tambahan.
gambar cara menanam jagung manis
Hal paling penting yang harus dipahami saat melakukan budidaya jagung manis adalah ketekunan dalam merawat tanaman. Sebenarnya bukan hanya budidaya jagung manis saja, tetapi usaha apapun jika dilakukan dengan serius, fokus, serta sungguh-sungguh pasti akan mendapat hasil yang maksimal.

Langkah Awal Cara Menanam Jagung Manis

Sebelum membahas tentang budidaya jagung manis, akan lebih jika kamu mengetahui beberapa informasi tentang jagung manis. 
  • Siklus hidup jagung manis berkisar antara usia 60 hingga 150 hari setelah masa tanam.
  • Jagung manis memiliki ketinggian sekitar 1 sampai 3 meter tergantung dari varietas bibit jagung manis.
  • Mengalami dua siklus pertumbuhan sekaligus, yaitu vegetatif sebagai pase awal serta generatif sebagai fase akhir.
  • Jagung manis memiliki akar serabut.
  • Memiliki batang tegak serta beruas.

Inilah 8 Tahap Cara Menanam Jagung Manis

1. Pemilihan Benih Jagung Manis
Proses pertama dalam cara menanam jagung manis adalah pemilihan bibit jagung manis. Usahakan memilih bibit jagung manis dari indukan varietas unggul, berkualitas tinggi, bebas dari hama penyakit, serta tidak ada cacat fisik.

Untuk memperoleh benih jagung manis berkualitas, kamu bisa mencarinya di kios pertanian terdekat atau dari petani jagung manis yang sudah sering melakukan budidaya jagung manis. Karena, meskipun proses penanam jagung manis sudah dilakukan dengan benar, namun jika memakai bibit dengan kualitas rendah biasanya hasil panennya kurang memuaskan.

2. Persiapan Lahan Tanam
Tahap selanjutnya dalam cara menanam jagung manis adalah mempersiapkan lahan untuk menanam jagung manis. Berikut adalah cara untuk mempersiapkan lahan tanamnya:
  • Gemburkan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak, lalu diamkan selama kurang lebih satu minggu agar racun yang terkandung dalam tanah mati karena terpapar senar matahari kemudian hilang terbawa angin.
  • Jangan lupa untuk membersihkan area lahan dari gulma serta rumput liar yang ada di sekitar lahan.
  • Jika lahan tanah memiliki pH kurang dari 5, atau terlalu asam lakukan pengapuran dolomit dengan takaran 1 ton/ha.
  • Tambahkan juga pupuk kandang sebagai tambahan nutrisi dalam tanah agar tanah memiliki tingkat kesuburan yang cukup dalam cara menanam jagung manis. 
  • Dalam proses penanaman jagung manis tidak perlu dibuat bedengan, cukup buatlah drainase untuk mencegah air menggenang diarea lahan dengan jarak sekitar 4 meter.

3. Cara Menanam Jagung Manis

bibit jagung mulai tumbuh
Setelah persiapan lahan telah selesai, proses selanjutnya adalah memasukan bibit kedalam lubang tanam. Cara menanam jagung manis yang tepat sebaiknya dimulai saat awal musim hujan. Setiap satu lubang tanam cukup diisi satu benih jagung manis saja. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pertumbuhan ganda pada tanaman jagung manis.

4. Penyulaman Tanaman
Setelah usia tanam menginjak satu minggu, lakukan pengecekan tanaman jagung manisnya.  Jika terdapat tanaman jagung yang mati atau tidak tumbuh sempurna segera ganti dengan bibit baru agar menghasilkan pertumbuhan yang seragam. Cara menanam jagung manis pada tahap ini dinamakan proses penyulaman tanaman.

5. Penyiangan dan Pembumbunan Tanaman
Setelah tanaman jagung berumur sekitar 2 minggu setelah masa tanam, lakukan pembersihan rumput liar serta gulma yang tumbuh disekitar tanaman jagung. Pembersihan dilakukan dengan cara mencabut rumput menggunakan tangan atau bantuan cangkul. Cara alami seperti ini lebih dianjurkan dari pada menggunakan bahan pestisida.
proses penyiangan dan pembumbunan
Selain penyiangan, lakukan juga pembumbunan tanaman agar batang tanaman jagung tidak mudah roboh. Caranya kumpulkan tanah disekitar tanaman kearah akar tanaman jagung manis sehingga membentuk gundukan yang bisa menahan tanaman jagung. Pembumbunan ini bisa dilakukan ketika tanaman jagung menginjak usia kurang lebih 1 bulan setelah masa tanam.

6. Penyiraman Tanaman
Proses selanjutnya dalam cara menanam jagung manis adalah melakukan penyiraman. Lakukan penyiraman secara rutin jika memasuki musim kemarau. Penyiraman ini bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah agar tanaman jagung tidak kekurangan air.
masa setelah pemupukan

7. Pemupukan Susulan
Selanjutnya lakukan pemupukan susulan untuk menjaga nuntrisi yang terkandung dalam tanah. Pemupukan bisa menggunakan pupuk kandang maupun pupuk buatan, lakukan pemupukan saat usia tanaman jagung manis menginjak usia sekitar 2 bulan setelah masa tanam.

8. Proses Panen Jagung Manis
Waktu pemanenan jagung manis bervariasi tergantung varietas jagung manis yang ditanam, selain itu waktu pemanenan juga dipengaruhi oleh suhu cuaca lingkungan lahan, serta ketinggian lokasi tanam.
proses panen
Cara menanam jagung manis didaerah dataran rendah, biasanya bisa dipanen lebih cepat dibandingkan jagung manis yang ditanam didataran tinggi. Selain itu, saat musim hujan jangka waktu untuk panen jagung biasanya lebih lama dari pada musim kemarau. Namun, idealnya jagung manis sudah bisa dipanen saat menginjak usia sekitar 60 hingga 150 hari sejak masa tanam tergantung berbagai faktor tersebut.

1 Response to "8 Tahap Cara Menanam Jagung Manis yang Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel