7 Langkah Mudah Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot

Daun bawang merupakan salah satu sayuran yang paling sering dipakai dalam berbagai olahan masakan khas Indonesia. Sayuran yang satu ini sangat sering dipakai untuk menambah cita rasa masakan dari mulai olahan sederhana seperti telur dadar sampai olahan berat seperti sup dan lainnya. Dalam artikel kali ini kami akan memberikan cara menanam daun bawang dengan mudah dan praktis.
Photo by: Instagram.com
Cara menanam daun bawang cukup mudah, sederhananya kamu tinggal menancapkan daun bawang dilahan tanam. Walaupun cara menanam daun bawang tebilang mudah, tetapi jarang sekali petani membudidayakan sayuran yang satu ini.  Maka dari itu hal ini menjadi kesempatan emas untukmu, karena persaingan pembudidaya cukup kecil dan permintaan pasar yang cukup tinggi.

Tahapan Penting Cara Menanam Daun Bawang


Tahapan awal dalam budidaya daun bawang adalah sebagai berikut, langkah awal adalah persiapan bibit, penanaman, perawatan, sampai proses panen. Agar lebih jelas langsung saja kita bahas cara menanam daun bawang yang baik dan benar.

Cara Menanam Daun Bawang


Cara menanam daun bawang yang akan dibahas merupakan penanaman dengan metode organik, jadi tidak perlu repot menggunakan pupuk kimia serta bahan insektisida lainnya.



5 Langkah Penting Cara Menanam Daun Bawang


1. Bibit Daun Bawang
Bibit terbaik untuk cara menanam daun bawang bisa diperoleh dari bibit yang sudah berumur tua dan sehat. Daun bawang tua dapat dilihat dengan ciri batangnya tipis namun lebih padat daripada daun bawang muda. Carilah bibit daun bawang langsung dari petani yang menanam daun bawang, karena  biasanya daun bawang yang dijual di swalayan atau toko sayuran merupakan daun bawang yang masih muda.
Photo by: Instagram.com

2. Menyiapkan Media Tanam
Media tanam merupakan hal pertama yang harus disiapkan dalam cara menanam daun bawang. Karena harus ada waktu jeda minimal 2 sampai 3 minggu sebelum melakukan penanaman. Hal ini bertujuan agar racun pembawa penyakit yang terdapat ditanah bisa memuai karena terpapar sinar matahari sebelum waktu tanam.

Hal ini merupakan salah satu bagian penting dalam cara menanam daun bawang. Karena daun bawang termasuk jenis sayuran yang mudah diserang penyakit seperti bercak daun yang bisa mengakibatkan daun bawang membusuk kemudian mati. Pemberian waktu jeda sebelum penanam daun bawang merupakan salah satu tindakan preventif untuk mencegah munculnya penyakit bercak daun pada tanaman daun bawang.

Media tanam terbaik untuk cara menanam daun bawang adalah campuran tanah dengan pupuk kandang maupun pupuk kompos. Komposisi media tanam tersebut adalah 50:50, untuk mendapat hasil yang lebih maksimal pakailah pupuk kompos yang sudah matang atau sudah terfermentasi dengan baik.

Pupuk kompos yang biasa dipakai oleh para petani antara lain:
  • Pupuk kompos grajen.
  • Pupuk kompos jerami.
  • Pupuk kompos sisa media tanam jamur.
  • Pupuk kompos sampah dapur.
  • Pupuk kompos dedaunan.
Selain itu kamu juga bisa memakai alternativ pupuk kascing sebagai campuran media tanam daun bawang. Pupuk kascing merupakan pupuk kompos yang bersumber dari media ternak cacing tanah. Pupuk kascing kaya akan kandungan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tanaman daun bawang, kamu bisa mendapatkannya di ios pertanian terdekat.

Setelah memilih jenis pupuk yang akan dipakai, langkah selanjutnya adalah menghancurkan pupuk kompos sampai halus, kemudian campur dengan tanah dengan perbandingan 50:50. Setelah tanah dan pupuk tercampur dengan sempurna, lalu pindahkan media tanam tersebut kedalam pot atau polybag sebagai media dalam cara menanam daun bawang. Pilih lokasi yang terkena sinar matahari langsung untuk meletakannya.
Photo by: Instagram.com
3. Cara Menanam Daun Bawang
Setelah semuanya siap dan media tanam sudah didiamkan selama 2 sampai 3 minggu, langkah berikutnya adalah menanam bibit daun bawang. Masukan daun bawang kedalam media tanam sedalam kurang lebih 5 cm, kemudian urug kembali dengan tanah, setelah itu siram dengan air secukupnya. Posisi menanam boleh miring beberapa derajat ataupun lurus, yang terpenting tidak mengganggu pengakaran bibit daun bawang.

4. Penyiraman Dan Perawatan Rutin
Setelah proses penanaman selesai, langkah berikutnya dari cara menanam daun bawang adalah penyiraman secara rutin agar kebutuhan air bisa tercukupi. Penyiraman bisa dilakukan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari ketika musim hujan, serta cukup sehari sekali saat musim hujan.

5. Proses Pemanenan
Perawatan daun bawang tidak serumit penanaman sayuran lainnya, cukup melakukan penyiraman secara rutin tanaman daun bawang idealnya bisa dipanen saat menginjak umur 2 sampai 2,5 bulan.
Photo by: Instagram.com
Nah, itulah cara menanam daun bawang yang baik dan benar. Tidak ada salahnya kamu mencoba membudidayakan sayuran yang satu ini, selain untuk hobi hasil panennya bisa kamu gunakan untuk keperluan memasak, atau jika hasil panennya melimpah kamu bisa menjualnya. Selamat mencoba.

0 Response to "7 Langkah Mudah Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel